Struktur Organisasi Perusahaan Percetakan
Deskripsi Pekerjaan :
1.
Direktur Utama
Direktur Utama Adalah seseorang yang di tunjuk untuk memimpin
perusahaan, direktur dapat juga seseorang yang memiliki perusahaan
tersebut. untuk lebih mengerti apa kuota internet sebenarnya tanggung jawab yang di
kerjakan seorang direktur utama dalam tugasnya mengepalai perusahaan ,
yaitu sebagai berikut :
-
Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif
-
Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya) bekerja sama dengan MD dan CEO
-
Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar.
-
Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum 2.
2. Manajer kepegawaian dan bagian umum
Manajer kepegawaian dan bagian umum adalah seseoang yang
mempunyai hak dalam pengurusan SDM dan untuk meningkatkan efektivitas
sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada
organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapai tujuan ini bagian
kepegawaian dan bagian umum ini akan menunjukan bagaimana seharusnya
perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi dan
memelihara SDM dalam jumlah kuantitas dan tipe kualitas.
3.
Manajer accounting dan admin
Manajer accounting dan admin adalah seseorang yang membuat
keputusan bisnis informasi yang akan memungkinkan mereka untuk menjadi
lebih siap dalam pengelolaan dan fungsi kontrol. yaitu dengan cara :
mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisis,
menginterprestasikan persiapan, dan mengkomunikasi informasi yang
diguanakan oleh manakemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan
pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan penggunaan yang
tepat dan akuntabilitas untuk sumber dayanya.
4. Manajer Marketing
Manajer Marketing adalah seseorang yang bertanggung jawab
dalam penjualan produk , bertanggung jawab dalam promosi produk dan
bertanggung jawab dalam pemasaran produk ke masyarakat. Seorang manajer
marketing tidak hanya melihat masa sekarang tetapi juga masa depan.
Begitu pula rencana pemasaran yang akan dibuatnya. Seorang manajer
pemasaran harus dapat melihat kesempatan/peluang pemasaran yang ada,
merumuskannya menjadi sebuah program pemasaran dan menjalankannya.
Perencanaan : mencakup , menetapkan tujuan yang di capai,
mengevaluasi kesempatan /peluang pemasaran yang ada, menciptakan
strategi marketing, mempersiapkan rencana marketing dan mengembangkan
program marketing
Implementasi : pelaksanaan dari rencana yang telah di buat
Kontrol : mencakup pengkuran hasil yang di capai dan dievaluasi proses implementasi pemasaran yang dilakukan.
5. Manajer Produksi
Manajer Produksi adalah upaya atau kegiatan Manajer produksi
untuk menambah nilai pada suatu barang. Arah kegiatan ditujukan kepada
upaya-upaya pengaturan yang sifatnya dapat menambah atau menciptakan
kegunaan (utility) dari suatu barang atau mungkin jasa. Untuk
melaksanakan kegiatan produksi tersebut tentu saja perlu dibuat suatu
perencanaan yang menyangkut apa yang akan di produksi, Berapa
anggarannya dan bagaimana pengendalian / pengawasannya . Bahkan harus
perlu difikirkan, kemana hasil produksi akan didistribusikan, karena
pendistribusian dalam bentuk penjualan hasil produksi pada akhirnya
merupakan penunjang untuk kelanjutan produksi
6. Staff
Staff adalah seseorang pelaksana tugas dan juga mempunyai
wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik.
HUBUNGAN HORISONTAL
Hubungan horizontal pada tingkat 3 adalah : Berusaha menyelesaikan
pesanan dengan cepat dan tepat waktu dengan kualitas yang baik sehingga
memperoleh keuntungan bagi perusahaan. (bag. Produksi, penjualan dan
kepegawaian) Me,peroleh konsumen agar perusahaan dapat terus berproduksi
(bag. Pemasaran dan promosi) Hubungan horizontal pada tingkat 2
adalah: Bag. Marketing mgintruksikan pada bagian produksi untuk jumlah
dan banyaknya pesanan. Sehingga bagian produksi dapat memproduksi sesuai
jumlah pesanan./
HUBUNGAN VERTIKAL Contoh 1
Bagian tingkat 1 Direktur utama mengintruksikan kepada bawahan (tingkat 2
: Man. Kepegawaian & Bagian Umum, Man. Acounting & Admin, Man.
Marketing, Man. Produksi) untuk meningkatkan konsumen untuk pemesanan
agar dapat meningkatkan produksi dan keuntungan. Bagian tingkat 2 Bagian
manajemen marketing mengintruksikan kepada staff nya untuk
menggencarkan promosi dan pemasaran. Bagian manejemen produksi
mengeintruksikan kepada staff nya untuk meningkat produksinya. Bagian
manajemen Man. Accounting & dan admin mengintruksikan kepada bawahan
untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan Bagian tingkat 3 Staff bekerja
sesuai intruksi.
Contoh 2
Bagian staff accounting ingin meminta persetujuan untuk pengeluaran pulsa Hape
perusahaan kepada bagian Man. Accounting & Admin. Bag Man.
Accounting & Admin kemudian meminta persetujuan lagi dengan meminta
tanda tangan kepada Direktur Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar